April 18, 2021

Jenis Waterproofing Sesuai Area Aplikasi | Jangan Salah Pilih !!!

Jenis Waterproofing

Jenis Waterproofing | CV INDONITRO
Banyak aspek yang mempengaruhi kualitas bangunan. Salah satunya adalah tingkat kebocoran. Semakin banyak bagian bangunan yang mengalami bocor, maka semakin rendah kualitasnya.

Cara yang paling sering dilakukan untuk mencegah bangunan bocor adalah dengan memasang waterproofing. Baik berupa lapisan ataupun membuat beton memiliki sifat kedap air. 

Waterproofing adalah suatu langkah yang dilakukan untuk mencegah bangunan mengalami bocor. Banyak jenis waterproofing yang dapat digunakan antara lain :Membrane Bakar, Waterproofing Coating, Integral dan Waterstop.

Dari jenis waterproofing tadi, banyak tercipta produk waterproofing yang terdapat dipasaran. Nanti kita bahas satu persatu, baik itu jenis waterproofing ataupun jenis produk yang banyak digunakan.

JENIS WATERPROOFING MENURUT  BAHAN 

Berbagai jenis produk waterproofing yang beredar dengan berbagai kelebihan. Untuk memudahkan pengelompokan, waterproofing dapat dibedakan dari bahan atau material dasar untuk pembuatannya.

WATER BASE
Seperti namanya, water base merupakan pelapis anti bocor yang dapat dicampur dengan air. Banyak digunakan untuk melapisi area yang memiliki daya serap tinggi seperti plesteran, batu bata, dak beton, batu palimanan dan paras.

Pencampuran air dilakukan untuk lapisan pertama atau primer. Tujuannya untuk mengurangi resiko material terlalu poros. Dengan pencampuran air, pemakaian material akan lebih irit.

SEMEN BASED / Cementitious slurry
Waterproofing Semen Base merupakan pelapis anti bocor berbahan dasar semen, pasir silika, filler, additive yang dicampur dengan bonding agent. Produk berupa dua komponen yaitu powder dan liquid. 

Waterproofing semen based sangat cocok diaplikasi pada area kamar mandi, taman, kolam, bak kontrol dan area yang terkena air secara terus menerus. 

BITUMEN    
Jenis waterproofing dengan bahan bitumen dapat berupa membrane bakar ataupun cair. Membrane bakar berupa lembaran yang dapat dijadikan sebagai pelapis anti bocor dan diaplikasikan dengan cara dibakar.

Membrane cair merupakan waterproofing berbentuk cairan berbahan dasar bitumen. Produk ini dapat digunakan sebagai primer sebelum aplikasi membrane bakar. Dapat juga digunakan sebagai waterproofing tanpa membrane. Dengan sistem aplikasi coating, menjadikan material ini sangat mudah untuk diaplikasikan.

Membrane bakar terdiri dari membrane exposed yang serinģ disebut membrane granule. Jenis yang kedua yaitu non exposed yang tidak tahan terhadap sinar matahari. Berbeda dengan jenis waterproof yang pertama, produk ini harus dipasang lapisan pelindung setelah diaplikasi.

Membrane bakar sangat cocok diaplikasi pada area atap dak, lantai basement ataupun dinding yang terhubung dengan air dan tanah. Misalnya area dinding basement.

JENIS WATERPROOFING MENURUT TEMPAT

EXPOSE adalah jenis waterproofing yang tahan terhadap sinar ultraviolet atau matahari. Produk bisa dibiarkan terbuka tanpa lapisan pelindung ataupun screed. Media yang dapat berupa atap dak, balkon ataupun talang.

NON EXPOSE merupakan waterproofing yang tidak tahan sinar matahari. Memerlukan lapisan pelindung untuk mencegah material rusak karena terpapar sinar matahari dalam jangka panjang. Produk waterproofing biasanya berbahan semen base ataupun membrane bakar.

Dari kedua jenis pelapis anti bocor diatas sudah sangat jelas perbedaan antara keduanya. Untuk lebih jelas, kita bahas saja jenis waterproofing berdasarkan area atau media yang akan di aplikasi.

ATAP DAK BETON
Bagian bangunan yang sangat sering mengalami masalah bocor. Untuk mencegah hal ini terjadi, anda dapat menentukan jenis waterproofing yang tepat agar bisa bertahan lama sesuai dengan fungsinya.

Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, ada dua jenis waterproofing yaitu ekspose dan non ekspose. Keduanya bisa digunakan untuk sebagai pelindung atap dak. 

Atap dak beton memiliki resiko bocor yang lebih tinggi. Oleh sebab itulah, lebih baik menggunakan membrane bakar sebagai solusi pelapis anti bocor. 

Membrane bakar terbagi dua, yaitu membrane granule dan membrane non ekspose ( membrane biasa ). Keduanya memiliki fungsi yang sama, mencegah bangunan bocor. Untuk pemilihan jenis membrane yang akan digunakan, disesuaikan dengan fungsi yang diinginkan.

Misalnya : jika atap dak akan dipasang keramik atau screed, sebaiknya pilih membrane bakar biasa saja yang tidak tahan terhadap sinar matahari. Karena bagian atas membrane akan dilakukan pemasangan keramik ataupun screed.

Atau Bisa menggunakan membrane granule jika menginginkan atap dak dengan finishing waterproofing. Sebaiknya, pastikan dahulu kemiringan dak beton sudah benar jika ingin menggunakan membrane granule. Jika atap dak belum didesain miring, sebaiknya lakukan screeding dahulu agar mendapatkan kemiringan yang diinginkan.

Selain membrane bakar, waterproofing Atap dak beton dapat berupa coating. Sama seperti membrane bakar, coating juga terbagi dua jenis yaitu ekspose dan non ekspose. Keunggulan waterproofing coating adalah dari harga yang cenderung lebih ekonomis dari membrane bakar. 

Untuk mendapatkan lapisan yang lebih kuat dan tahan lama, bisa mengaplikasikan coating dengan material tambahan berupa serat fiber ataupun kain kasa. Selain itu, waterproofing coating cenderung lebih mudah diaplikasikan daripada membrane bakar.

BASEMENT
Jenis waterproofing untuk area basement sangat beragam. Mulai dari Membrane bakar, integral, dan waterstop. Kami rekomendasikan waterproofing integral dan waterstop untuk seluruh area basement. 

Integral
Waterproofing integral merupakan upaya membuat beton kedap air dengan cara melakukan penambahan material khusus pada beton segar. Proses dilakukan dalam truk beton saat akan dituang pada area cor.

Jenis material integral dibagi dalam dua jenis yaitu berbentuk powder dan cairan. Selain itu, material integral ada yang mempengaruhi slump beton dan ada yang tidak. Perlu dibaca TDS material saat ingin menggunakan produk ini, agar dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

Banyak perusahaan yang menjual produk integral antara lain : SIKA, FOSROC, BASF, CORMIX dan Lain-lain. CV INDONITRO melayani semua jenis tipe material yang tadi disebutkan. Silahkan hubungi admin kami jika membutuhkan informasi lebih detail

Waterstop
Area sambungan beton sangat sering mengalami bocor karena area tersebut merupakan titik yang paling lemah dan memiliki celah untuk air meresap ke dalam beton. Untuk mencegah hal ini terjadi, pemasangan waterstop merupakan pilihan yang tepat.

Ada dua jenis waterstop yaitu PVC dan swalable waterstop ( waterstop dodol). Secara fungsi, keduanya memiliki kesamaan. Hanya berbeda cara kerja, bentuk material dan cara pemasangannya saja.

DINDING LUAR 
Area dinding luar sangat perlu dipasang pelapis anti bocor. Jenis waterproofing ekspose merupakan pilihan yang tepat. Pilih material waterproofing jenis coating karena lebih mudah diaplikasikan dan sangat paling tepat untuk area dinding luar.

KOLAM RENANG DAN GROUND TANK
Kolam renang dan ground tank merupakan bagian bangunan yang menampung air dalam jumlah banyak. Pemilik bangunan tidak ingin air kolam habis meresap kedalam tanah dan tentu saja tidak mau air tanah mencampuri air yang ada dalam kolam.

Dalam kasus kolam renang dan ground tank, biasanya diaplikasikan double waterproofing untuk mencegah terbuangnya air dari kolam dan mengurangi resiko air tanah masuk ke dalam kolam. Berarti, kolam renang membutuhkan double waterproofing.

Sebaiknya dikombinasikan waterproofing coating dan integral untuk area yang menampung banyak air seperti kolam renang. Coating mencegah air kolam bocor keluar dan integral mencegah air yang ada di luar masuk kedalam kolam. Begitu juga dengan jenis penampungan air lainnya.

BALKON
Area balkon juga membutuhkan waterproofing. Air yang meresap kedalam beton dapat merusak struktur balkon dan membuat cat bagian bawah mengelupas. Waterproofing coating cukup kuat untuk area balkon.

KAMAR MANDI 
Kamar mandi dan toilet merupakan area yang selalu terhubung dengan air hampir sepanjang waktu. Oleh sebab itulah membutuhkan pelapis anti bocor.

Jenis waterproofing yang tepat untuk kamar mandi adalah waterproofing coating. Kemudahan aplikasi menjadi pilihan yang tepat. Kurang tepat jika menggunakan membrane karena akan menyulitkan saat aplikasi. Apalagi banyak instalasi pipa, sangat memungkinkan pemasangan menjadi kurang maksimal.

Selain itu, pemasangan membrane pada area kamar mandi akan menyebabkan banyak sambungan antar membrane. Overlap antar membrane akan memperbesar resiko gagalnya lapisan waterproofing. Semakin banyak overlap, maka resiko bocor akan semakin besar.

Sebenarnya masih banyak area lain yang memerlukan lapisan waterproofing seperti kitchen, ruang pompa atau area lain yang terhubung dengan air. Nanti akan ditambahkan pada pembahasan lainnya.

Terima kasih sudah berkunjung ke website kami. Jika membutuhkan jasa pemasangan waterproofing, silahkan hubungi kami melalui bagian bawah situs ini. 

Tags :

bm

Indonitro

Ahli Konstruksi

Layanan Jasa Perbaikan Beton, Suntik Beton, Injeksi beton, Waterproofing, Epoxy Lantai dan Floorhardener.

  • Indonitro
  • Februari 24, 1989
  • Jl. RAYA Jatiwaringin No.234
  • admin@indonitro.com
  • +62 812 9719 5903